Selasa, 09 November 2010
kerajinan dari mote-mote
bahan:
mote-mote
benang pancing
gunting
cara membuat
ribet ngasih taunya xixixi private aja ke toko mote2 pas beli mote2nya ntr diajarin disana :)
prinsip belajar
Prinsip yang berlaku umum dalam proses pembelajaran barkaitan dengan perhatian dan motivasi, keterlibatan langsung/berpengalaman, pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan, serta perbedaan individual.
Perhatian dan motivasi memiliki peranan penting dalam kegiatan belajar. Motivasi merupakan tenaga yang menggerakkan dan mengarahkan aktivitas seseorang. Motivasi merupakan tujuan dan alat dalam pembelajaran. Sebagai tujuan, motivasi merupakan salah satu tujuan dalam mengajar. Guru berharap bahwa siswa tertarik dalam kegiatan intelektual dan estetik sampai kegiatan belajar berakhir. Sebagai alat, motivasi merupakan salah satu faktor seperti halnya intelegensi dan hasil belajar sebelumnya yang dapat menentukan keberhasilan belajar siswa dalam bidang pengetahuan nilai-nilai dan keterampilan.
Motivasi mempunyai kaitan yang erta dengan minat. Siswa yang memiliki minat terhadap suatu bidang studi tertentu cenderung tertarik perhatiannya dan dengan demikian timbul motivasinya untuk mempelajari bidang studi tersebut. Motivasi juga dipengaruhi oleh nilai-nilai yang dianggap penting dalam kehidupannya. Perubahan nilai-nilai yang dianut akan mengubah tingkah laku manusia dan motivasinya.
Ada beberapa taktik dan strategi harus diperhatikan prinsip-prinsip umum belajar tersebut. Hamalik Oemar, 2009 menyebutkan beberapa prinsip umum belajar yang dimaksud adalah:
1. Proses belajar ialah pengalaman, berbuat, mereaksi, dan melampaui (under going),
2. Proses itu melalui bermacam-macam ragam pengalaman dan mata pelajaran yang terpusat pada suatu tujuan tertentu,
3. Pengalaman belajar secara maksimum bermakna bagi kehidupan murid,
4. Pengalaman belajar bersumber dari kebutuhan dan tujuan murid sendiri yang mendorong motivasi yang kontinu,
5. Proses belajar dan hasil usaha belajar disyarati oleh heriditas dan lingkungan
6. Proses belajar dan hasil usaha belajar secara materiil dipengaruhi oleh perbedaan-perbedaan individu dikalangan murid-murid.
7. Proses belajar berlangsung secara efektif apabila pengalaman-pengalaman dan hasil-hasil yang diinginkan sesuai dengan kematangan siswa,
8. Proses belajar yang terbaik adalah apabila murid mengetahui status dan kemajuan,
9. Proses belajar merupakan kesatuan fungsional dari berbagai prosedur,
10. Hasil-hasil belajar secara fungsional bertalian satau sama lain, tetapi dapat didiskusikan secara terpisah,
11. Proses belajar berlangsung secara efektif dibimbingan yang merangsang dan membimbing tanpa tekanan dan paksaan,
12. Hasil-hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, abilitas dan keterampilan,
13. Hasil-hasil belajar diterima oleh murid apabila memberi kepuasan kepada kebutuahannya dan berguna serta bermakna baginya,
14. Hasil-hasil belajar dilengkapi dengan jalan serangkaian pengalaman-pengalaman yang dapat dipersamakan dan dengan pertimbangan yang baik,
15. Hasil-hasil belajar itu lambat laun dipersatukan menjadi kepribadian dengan kecepatan yang berbeda-beda,
16. Hasil-hasil belajar yang telah dicapai adalah bersifat kompleks dan dapat berubah-ubah (adaptable), jadi tidak sederhana dan statis.
faktor belajar
Faktor-Faktor Belajar
Prinsip-prinsip belajar yang hanya memberikan petunjuk umum tentang belajar. Tetapi prinsip-prinsip itu tidak dapat dijadikan hukum belajar yang bersifat mutlak, kalau tujuan belajar berbeda maka dengan sendirinya cara belajar juga harus berbeda, contohnya: belajar untuk memperoleh sifat berbeda dengan belajar untuk mengembangkan kebiasaan dan sebagainya. Karena itu, belajar yang efektif sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kondisional yang ada.
Menurut Hamalik Oemar ada beberapa faktor dalam belajar, diantaranya:
1. Faktor kegiatan, penggunaan dan ulangan, siswa yang belajar diperlukan untuk melakukan banyak kegiatan baik kegiatan neural system, seperti melihat, mendengar, merasakan, berfikir, kegiatan motoris, dan sebagainya maupun kegiatan-kegiatan lainnya yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan, sikap, kebiasaan dan minat. Apa yang telah dipelajari perlu digunakan secara praktis dan diadakan ulangan secara kontinu dibawah kondisi yang serasi, sehingga penguasaan hasil belajar menjadi lebih mantap.
2. Belajar memerlukan latihan, dengan jalan: relearning, recalling dan reviewing agar pelajaran yang terlupakan dapat dikuasai kembali dan pelajaran yang belum dikuasai akan dapat lebih mudah dipahami.
3. Belajar siswa lebih berhasil, berlajar akan lebih berhasil jika siswa merasa berhasil dan mendapatkan kepuasannya. Belajar hendaknya dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan.
4. Siswa yang belajar perlu mengetahui apakah ia berhasil atau gagal dalam belajarnya. Keberhasilan akan menimbulkan kepuasan dan mendorong belajar lebih baik, sedangkan kegagalan akan menimbulkan frustasi.
5. Faktor asosiasi besar manfaatnya dalam belajar, karena semua pengalaman belajar antara yang lama dengan yang baru, secara berurutan diasosiasikan, sehingga menjadi satu kesatuan pengalaman.
6. Pengalaman masa lampau (bahan apresiasi) dan pengertian-pengertian yang telah dimiliki oleh siswa besar peranannya dalam proses belajar. Pengalaman dan pengertian itu menjadi dasar untuk menerima pengalaman-pengalaman baru dan pengertian-pengertian baru.
7. Faktor kesiapan belajar. Murid yang telah siapa belajar akan dapat melakukan kegiatan belajar lebih mudahdan lebih berhasil. Faktor kesiapan ini erat hubungannya dengan masalah kematangan, minat, kebutuhan, dan tugas-tugas perkembangan.
8. Faktor minat dan usaha. Belajar dengan minat akan mendorong siswa belajar lebih baik daripada belajar tanpa minat. Minat ini timbul apabila murid tertarik akan sesuatu karena sesuai dengan kebutuhannya atau merasa bahwa sesuatu yang akan dipelajari dirasakan bermakna bagi dirinya. Namun demikian, minat tanpa adanya usaha yang baik maka belajar juga sulit untuk berhasil.
9. Faktor-faktor fisiologis. Kondisi badan siswa yang belajar sangat berpengaruh dalam proses belajar. Badan yang lemah, lelah akan menyebabkan perhatian tak mungkin akan melakukan kegiatan belajar yang sempurna. Karena itu faktor fisiologis sangat menentukan berhasil atau tidaknya murid belajar.
10. Faktor intelegensi. Murid yang cerdas akan lebih berhasil dalam kegiatan belajar, karena ia lebih mudah menangkap dan memahami pelajaran dan lebih mudah mengingat-ingatnya. Anak yang cerdas akan lebih mudah berpikir kreatif dan lebih cepat mengambil keputusan. Hal ini berbeda dengan siswa yang kurang cerdas, para siswa yang lamban.
pengertian belajar
Pengertian Belajar
Belajar merupakan komponen ilmu pendidikan yang berkenaan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi, baik yang bersifat eksplisit maupun implisit (tersembunyi). Menurut Gage dalam Saiful Saggala,2007; belajar adalah sebagai suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman. Gagasan ini berarti belajar juga membutuhkan tempat dan waktu. Belajar disimpulkan terjadi bila tampak tanda-tanda bahwa perilaku manusia berubah sebagai akibat terjadinya proses pembelajaran. Perhatian utama dalam belajar adalah perilaku verbal dari manusia, yaitu kemampuan manusia untuk menangkap informasi mengenai ilmu pengetahuan yang diterimanya dalam belajar.
Selain itu Belajar pada prinsipnya adalah perubahan mental pada diri siswa. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa berupa keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuhan-tumbuhan, manusia tau hal-hal yang dijadikan bahan belajar. Tindakan belajar tentang suatu hal tersebut tampak sebagai perilaku belajar yang tampak dari luar (Dimyati & Mudjiono,2009).
Sedangkan Hamalik Oemar,2009 mengatakan bahwa Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman, yang artinya belajar adalah suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan pengubahan kelakuan.
Bukti bahwa seseorang telah belajar ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan tidak mengerti menjadi mengerti. Tingkah laku memiliki unsur subjektif dan unsur motoris. Unsur subjektif adalah unsur rohaniah sedangkan unsur motoris adalah unsur jasmaniah.
tak ingin peduli
duduk sendiri ditepan
menanti lembayung menyapa
aku tak ingin peduli
aku tak ingin peduli
aku tak ingin peduli
siapa siapa siapa itu
aku tak ingin peduli
hendak pergi kemana
aku tak ingin peduli
menanti lembayung menyapa
aku tak ingin peduli
aku tak ingin peduli
aku tak ingin peduli
siapa siapa siapa itu
aku tak ingin peduli
hendak pergi kemana
aku tak ingin peduli
tersenyumlah
hari ini aku merengek minta dibelikan sepatu baru..
lalu..
aku melihat anak yg kakinya buntung...
Luar Biasa!
Qian HongYan - Gadis Puntung yang masih tersenyum menyambut dunia Qian Hongyan mengalami kecelakaan dan kehilangan kedua kakinya bahkan pinggulnya, dan perlu mencari jalan keluar.
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.2&fid=akt02&inline=1)
Keluarganya di Cina miskin dan tidak dapat membeli kaki palsu, maka ia menggunakan bola basket untuk memudahkan gerakannya. Qian Hongyan juga dikenal sbg Basket Ball Girl.
-
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.3&fid=akt02&inline=1)
Qian menggunakan dua sangga kayu untuk menyeret tubuhnya dan tidak mengeluh, walau dia telah gonta ganti bola basket 6 kali.
-
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.4&fid=akt02&inline=1)
ia tetap ke sekolah, walaupun harus bersusah payah ke sana.
-
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.5&fid=akt02&inline=1)
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.6&fid=akt02&inline=1)
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.7&fid=akt02&inline=1)
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.8&fid=akt02&inline=1)
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
-
Setelah bbrp lama, Ada yang berbaik hati dan menyumbangkan kedua kaki palsu untuk Qian HongYan
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.9&fid=akt02&inline=1)
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.10&fid=akt02&inline=1)
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.11&fid=akt02&inline=1)
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.12&fid=akt02&inline=1)
![[]](http://f768.mail.yahoo.com/ya/download?mid=1%5f27396%5fAPRKk0UAAUn4ST91DAA%2f8zHxFwc&pid=1.2.13&fid=akt02&inline=1)
Menghibur Teman Senasib dan .. Happy aja, Masih Tersenyum menyambut dunia ini..
Qian HongYan - Gadis Puntung yang masih tersenyum menyambut dunia Qian Hongyan mengalami kecelakaan dan kehilangan kedua kakinya bahkan pinggulnya, dan perlu mencari jalan keluar.
Keluarganya di Cina miskin dan tidak dapat membeli kaki palsu, maka ia menggunakan bola basket untuk memudahkan gerakannya. Qian Hongyan juga dikenal sbg Basket Ball Girl.
-
Qian menggunakan dua sangga kayu untuk menyeret tubuhnya dan tidak mengeluh, walau dia telah gonta ganti bola basket 6 kali.
-
ia tetap ke sekolah, walaupun harus bersusah payah ke sana.
-
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
Dan.. ia tetap tersenyum menyambut dunia
-
Setelah bbrp lama, Ada yang berbaik hati dan menyumbangkan kedua kaki palsu untuk Qian HongYan
Menghibur Teman Senasib dan .. Happy aja, Masih Tersenyum menyambut dunia ini..
Langganan:
Postingan (Atom)